Minggu, 11 April 2010

CONTOH SOAL KIMIA (C1-C6)

Contoh soal Hafalan/Ingatan (Recall) C1
Jenjang ini meliputi kemampuan menyatakan kembali fakta, konsep, prinsip, prosedur yang telah dipelajari oleh siswa.

:: Simbol unsur perak, tembaga, dan emas secara berturut-turut adalah.....

a. Ag, Cu, dan Au
b. Fe, Cu, dan Au
c. Sn, Ag, dan Cu
d. Pd, Ag, dan Cu

:: Tuliskan ciri-ciri perubahan kimia!

Contoh soal Pemahaman (Comprehension) C2
Pada jenjang ini siswa diharapkan kemampuannya untuk mengerti makna dari informasi yang diperoleh baik berupa fakta, konsep, dan prinsip.

:: Jumlah atom N yang terdapat pada molekul (NH4)2SO4 sebanyak.....

a. 1
b. 2
c. 4
d. 6

:: Jika pada system kesetimbangan N2(g) + O2(g) ↔ 2NO(g). volume diperkecil dimana arah letak kesetimbangan?

Contoh soal Penerapan (Application) C3
Yang termasuk jenjang penerapan adalah kemampuan menggunakan prinsip, aturan, atau metode yang telah diketahuinya dalam situasi baru atau situasi kongkrit.

:: Jika diketahui massa atom relatif Na=23, S=32, H=1, dan O=16 maka massa molekul relatif Na2S4.5H2O adalah.....

a. 19
b. 142
c. 232
d. 264

:: Tentukan massa molekul relative NaOH! (Ar Na = 23, O = 16 dan H = 1)

Contoh soal Analisis (Analysis) C4
Yang dimaksud jenjang analisis adalah kemampuan menguraikan suatu informasi yang dihadapi menjadi komponen-komponennya, sehingga struktur informasi serta hubungan antar komponen informasi tersebut menjadi jelas.

:: Dalam wadah 5 liter dimasukkan 4 mol SO3 yang terurai menurut reaksi:
2 SO3(g) <---> 2 SO2(g) + O2(g)
Jika pada saat kesetimbangan tercapai masih ada 1 mol SO3. Berapakah tetapan kesetimbangannya.....

a. 2,7
b. 5,4
c. 13,5
d. 27


:: Pada awal reaksi terdapat 8 mol NH3 sebanyak 1 L.
Reaksi: 2NH3(g) ↔ N2(g) + 3 H2(g)
Pada saat setimbang terdapat 3 mol H¬2. Hitunglah harga Kc?


Contoh soal Sintesis (Synthesis) C5
Yang dimaksud jenjang sintesis adalah kemampuan untuk mengintegrasikan bagian-bagian terpisah menjadi suatu keseluruhan yang terpadu. Termasuk di dalamnya kemampuan merencanakan eksperimen, karya tulis (laporan, artikel), menyusun cara baru untuk mengklarifikasikan obyek, peristiwa, dan informasi-informasi lainnya.

:: Sebanyak 1 liter larutan CrCl3 1M dielektrolisis dengan arus 6 A. Waktu yang diperlukan untuk mengendapkan semua logam kromium adalah.....(Ar Cr= 52, F=96500 C mol -1)
a. 289500 detik
b. 96500 detik
c. 48250 detik
d. 32167 detik

:: Larutan yang mengandung 2 g urem (CO(NH2)2) dalam 100 g air. Bila diketahui Ar untuk C = 12 H =1 N=14 Kb = 0,52 dan O = 16 pada tekanan 1 atm. Berapa titik didih larutan tersebut?

Contoh soal Evaluasi (Evaluation) C6
Yang dimaksud jenjang evaluasi adalah kemampuan untuk mempertimbangkan nilai suatu pernyataan, uraian, pekerjaan, berdasarkan kriteria tertentu yang ditetapkan. Misalnya memilih rumusan yang didukung oleh data.

:: Jika diketahui potensial elektroda standar dari:
Ag¬¬¬¬+ (aq) + e ---> Ag(s) εo = +0,80 volt
In¬¬¬¬3+ (aq) + 3e ---> In(s) εo = -0,34 volt
Mg¬2¬+ (aq) + 2e ---> Mg(s) εo = -2,37 volt
Mn¬2¬+ (aq) + 2e ---> Mn(s) εo = -1,20 volt
Pasangan yang memberikan perbedaan potensial sebesar +1,14 volt adalah.....
a. Ag I Ag¬¬¬¬+ II Mn¬2+¬ I Mn
b. In I In¬¬¬¬3+ II Ag¬¬¬¬+ I Ag
c. Mn I Mn¬2+ ¬II Mg¬2¬+ I Mg
d. Ag I Ag¬¬¬¬+ II In¬¬¬¬3+ I In

:: Jika diketahui potensial elektroda standar dari:
Mg2+ + 2e → Mg Eo = -2,34 volt
Cu2+ + 2e → Cu Eo = +0,34 volt
Tentukan besar perbedaan potensial agar reaksi terjadi!

1 komentar: