Minggu, 11 April 2010

HUBUNGAN PENGUKURAN, PENILAIAN, TES DAN EVALUASI

HUBUNGAN PENGUKURAN, PENILAIAN (ESSASSMENT), TES DAN EVALUASI

• Pengukuran (measurement)
Proses menentukan suatu deskripsi derajat angka terhadap individu yang memiliki karakter khusus. Mengukur sesuatu dengan apa adanya atas dasar alat ukur tertentu. Pengukuran yang baik dan benar diperoleh bila didasarkan pada tes/nontes (sebagai alat ukur) yang baik dan benar.
• Penilaian (assessment)
Membandingkan hasil pengukuran untuk ambil keputusan.
• Evaluasi (evaluation)
Proses sistematis dari pengumpulan, analisis, dan penafsiran informasi untuk menentukan tingkat pencapaian siswa pada tujuan pengajaran. Evaluasi mencakup kegiatan mengukur dan menilai. Evaluasi yang baik dan benar didasarkan pada informasi/data yang diperoleh melalui pengukuran yang baik dan benar.
• Tes (test)
Alat atau prosedur sistematis dalam evaluasi untuk mengukur contoh perilaku. Tes yang dikembangkan dengan baik merupakan suatu alat penting dalam peningkatan siswa. Ada banyak jenis model tes yang tersedia pada setiap bidang studi. Siswa diberikan informasi yang luas tentang kemajuan mereka dengan menggunakan berbagai prosedur tes. Tes juga memberikan guru informasi yang berharga tentang tempat-tempat kekuatan dan kelemahan mengajar.

















Diagram: Keterkaitan antara pengukuran, penilaian (essassment), tes dan evaluasi.

Penilaian (essasmen), dan evaluasi mempunyai hubungan sangat erat satu sama lain. Siswa dapat diukur kemampuannya melalui tes yang sesuai dengan jenjang atau tingkat kemampuan serta perkembangan dari proses pembelajaran yang telah dialami siswa tersebut. Setelah kemampuan siswa diukur dan dinilai, mereka dapat dievaluasi berdasarkan data-data dari pengukuran dan penilaian tersebut. Penilaian dapat dilakukan baik secara formal maupun secara informal. Semua tes adalah penilaian formal, tetapi tidak semua penilaian formal merupakan tes.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar